RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA: Persamaan Reaksi Sederhana
Satuan Pendidikan         SMA  Negeri A Bengkulu
Mata Pelajaran               :  Kimia
Kelas/Semester                :  Kelas X/ Semester I
Materi Pembelajaran     Persamaan Reaksi Sederhana
Alokasi Waktu                :  10 menit        
 

I.    Standar Kompetensi        : Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia
II.   Kompetensi Dasar             :Mendiskripsikan tata nama senyawa an organic dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
III.  Indikator                        
A.  Kognitif
1.      Produk:
a.       Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
2.      Proses:
a.       Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
3.        Psikomotor
a.       Latihan menyetarakan persamaan reaksi.
B.   Afektif
1. Karakter
     a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
IV. Tujuan Pembelajaran: 
A.   Kognitif
    1.   Produk:
   a. Secara mandiri siswa dapat menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
2.   Proses  
a.       Siswa dapat melaksanakan cara menyetarakan reaksi.
B.   Psikomotor
a.       Siswa dapat menyetarakan persamaan reaksi.
C.   Afektif
1.  Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2.  Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

V. Materi Ajar
PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA
A.    Pengertian persamaan reaksi
Persamaan reaksi adalah persamaan yang menyatakan zat-zat yang terlibat dalam reaksi dan hasil reaksinya dipisahkan oleh tanda panah. Persamaan reaksi merupakan salah satu langkah untuk merangkum apa yang terjadi dalam suatu reaksi kimia. Persamaan kimia dapat dijelaskan secara lisan maupun tulisan, yaitu melalui rumus reaksi kimia. Senyawa yang akan mengalami reaksi kimia disebut Reaktan. Reaktan dituliskan di ruas kiri pada reaksi kimia, sedangkan senyawa yang dihasilkan setelah reaksi kimia dinamakan Produk. Produk dituliskan di ruas kanan pada reaksi kimia.
Persamaan reaksi dikatakan setara apabila jenis dan jumlah atom zat-zat yang direaksikan (pereaksi) sama dengan jenis dan jumlah atom hasil reaksi (produk)
Contoh :
Gas Hidrogen bereaksi dengan Gas Oksigen menghasilkan air.
2H2 + O2      2H2O

B.     Langkah-langkah menyetarakan persamaan reaksi
Penulisan persamaan reaksi harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Tuliskan persamaan reaksi dalam kata-kata dengan menggunakan informasi yang diberikan ataupun berdasarkan pengetahuan kimia.
2. Tuliskan rumus reaksi kimia yang benar dari setiap reaktan pada ruas kiri dan produk pada ruas kanan persamaan reaksi.
3. Setarakan persamaan reaksi yang telah ditulis. Hal ini dilakukan untuk memperoleh jumlah atom yang sama untuk reaktan dan produk.
4. Terakhir, memperjelas dengan menambahkan wujud zat (cantumkan simbol keadaan fase).
(g = gas, l = cairan, s = padat, aq = larutan)

Contoh:
Perhatikan persamaan reaksi untuk oksidasi magnesium. Ketika magnesium direaksikan dengan oksigen, langkah-langkah yang harus dijalankan adalah sebagai berikut.
Langkah 1: Menuliskan persamaan reaksi dengan kata-kata
magnesium + oksigen → magnesium oksida
Langakah 2 : Menuliskan rumus reaksi kimia dari setiap reaktan dan produk
Mg + O2 → MgO
Rumus molekul magnesium oksida adalah MgO. Ion magnesium (Mg2+) membutuhkan hanya ion oksidauntuk menyeimbangkan muatannya.
Langkah 3: Menyetarakan  persamaan reaksi yang sudah ditulis.
2Mg + O→ 2MgO
Langkah 4: Mencantumkan simbol keadaan fase
2Mg(s) + O→ 2MgO(s)
C.    Macam-macam persamaan reaksi sederhana

1.      Reaksi – Reaksi Senyawa Organik
*     Reaksi oksida asam dan air membentuk senyawa asam yang mengandung oksigen,
·      Karbon dioksida dengan air membentuk asam karbonat
CO2 + H2O → H2CO3
·      Sulfur Dioksida dengan air membentuk asam sulfit
SO2 + H2O → H2SO3
·      Dinitrogen Trioksida dengan air membentuk asam nitrit.
N2O3 + H2O → 2HNO2
·      Difosfor Trioksida  dan air menghasilkan asam fosfit
P2O3 + 3H2O → 2H3PO3

*     Reaksi oksida basa dengan air membentuk senyawa basa yang mengandung OH.
·      Natrium oksida dengan air membentuk natrium hidroksida
Na2O + H2O → 2NaOH
·      Kalsium oksida dengan air membentuk kalsium hidroksida
CaO + H2O → Ca(OH)2

D.    Penyetaraan reaksi kimia         
Fe + O2 → FeO
            Persamaan reaksi tersebutbelum setara karena jumlah atom di ruas kiri belum sama dengan jumalh atom di ruas kanan.
a Fe + b O2 → c FeO
1.      Jika atom Fe di ruas kiri dan ruas kanan adalah satu, maka 1 a = 1 c, atau a = c
2.      Jumlah atom O di ruas kiri adalah dua dan di ruas kanan hanya satu, maka 2 b = c, jika c = 1 maka b = ½
3.      Maka, persamaan reaksi kimianya adalah 1 Fe + ½ O2 → 1 FeO atau jika dikalikan 2 menjadi
2        Fe + O2 → 2 FeO

E.     Reaksi Senyawa Organik
1. Jika dibakar sempurna, gas metana menghasilkan karbon dioksida dan air 
CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O
2. Asam asetat bereaksi dengan natrium hidroksida membentuk natrium asetat dan air
CH3COOH + NaOH  → CH3COONa + H2O
F. Reaksi umum asam dan basa menghasilkan garam
1. Asam klorida dan Natrium hidroksida menghasilkan garam natrium klorida dan air.
HCl + NaOH → NaCl + H2O
2. Asam Nitrat bereaksidengan Kalium hidroksida menghasilkan garam Kalium nitrat
HNO3 + KOH → KNO3+ H2O

VI.  Model dan Metode Pembelajaran:
      Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Kooperatif
      Metode Pembelajaran: Diskusi dan pemberian tugas

VII.  Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.  Memotivasi siswa dengan memperlihatkan berbagai macam gambar yang berkaitan dengan persamaan reaksi yang ada dalam kehidupan sehari- hari.
2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter.




B.     Inti

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Penggalan 1
1. Menjelaskan tentang pengertian persamaan reaksi.
2. Menjelaskan tentang konsep persamaan reaksi.
Penggalan 2
1.      Membimbing siswa mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
2.      Membimbing siswa untuk berlatih dalam menyetarakan persamaan reaksi.
3.      Meminta masing- masing siswa meyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
Penggalan 3
1.      Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua orang siswa menyetarakan reaksi didepan kelas sedangkan siswa lain menenggapi.
2.      Memberikan penghargaan kepada siswa  yang berhasil baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.





C.    Penutup

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.      Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA





VIII.   Sumber Pembelajaran
1.      Buku kimia SMA
2.      LKS SMA tentang persamaan reaksi sederhana
3.      LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
4.      LP 2: Proses
5.      LP 3: Psikomotor
6.      LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
7.      LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
8.      Silabus
Daftar Pustaka
Sudarmo, Unggul.2004.Kimia SMA untuk kelas x Jilid 1.Surakarta: Seri Made Simple
Permana, Dedi.2006. Intisari Kimia Untuk SMA Kelas X, XI, dan XII. Bandung : Pustaka Setia
Purba, Michael. 2006. Kimia 1 untuk SMA Kelas X . Jakarta: Erlangga


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS